Saturday 1 January 2011

Pebedaan Naturalisasi pemain timnas Indonesia

Rencana menaturalisasi pemain sepak bola untuk timnas sempat menuai beragam kontroversi. namun sejak membaiknya prestasi timnas dengan masuk final piala AFF membuat kontroversi tersebut mulai pudar masyaraka pun mulai mendukung program tersebut.

Selain itu negara lain seperti Singapura dan Filipina juga sudah erlebih dahulu memulia program naturalisasi dalam Timnas sepak bolanya. saat ini Indonesia telah membeikan satus WNI terhadap pemain atle sepak bola.

Belakangan ini baru saya ketahui bahwa ketiga pemain yang mendapat status WNI tersebut tidak semua yang mendapat Naturalisasi, perbedaana adalah sbagai berikut
Sumber : http://www.info-infos.co.cc/2010/12/inilah-perbedaan-status-wni-irfan.html

Irfan Bachdim

Bukan pemain naturalisasi karena sudah mengantongi paspor Indonesia sejak awal (kakak2nya juga WNI), memilih untuk menjadi WNI ketimbang Belanda pada usia 18 tahun.

Cristian Gonzales

Bukan pemain naturalisasi, karena sudah menetap di Indonesia lebih dari 5 tahun (sejak 2003) dan menjadi WNI atas inisiatif sendiri, didukung Undang-undang No. 12 Tahun 2006.Ia sendiri sudah lama memasukan permohonan kewarganegaraan Indonesia, terlebih ia sudah menikah dengan WNI. Bahkan ia tidak pulang kenegaranya ketika ortunya meninggal demi mendapatkan kewarganegaraan ini.

Kim Kurniawan

Pemain naturalisasi pertama di Indonesia via PSSI. Meskipun sudah berusia di atas 18 tahun, BTN membantu proses WNI bagi Kim melalui Departemen Hukum dan HAM. Kakeknya Kwee Hong Sing meupakan mantan pemain Persija Jakarta dan Timnas Indonesia di era-1950-an.

0 comments:

Post a Comment

 

History Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template