Friday 26 March 2010

The secret of Leonardo da Vinci


Leonardo da Vinci merupakan seniman dan ilmuan yang cukup berpengaruh didunia, semula saya hanya tahu ia pelukis lukisan fenomenal MONALISA, namu masih banyak karya lain yang ia temukan.

Leonardo da Vinci (lahir di Vinci, propinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 – meninggal di Clos LucĂ©, Perancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun) adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna.Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.



Leonardo berasal dari sebuah keluarga yang cukup mapan. Meskipun ibunya, Caterina di Piero, hanyalah seorang putri petani, ayahnya, Pietro d'Antonio da Vinci adalah seorang notaris di kota Florence. Ia dilahirkan di Anchiano, kota tempat tinggal leluhurnya selama sekitar dua ratus tahun, pada 14 April 1452.
Pada masa itu, Florence merupakan pusatnya para intelek dan seniman di Italia. Kondisi ekonomi keluarga yang cukup mapan itu memungkinkan Leonardo memperoleh pendidikan terbaik di kota ini. Di sekolahnya, Leonardo mempelajari geometri, membaca, menulis, matematika, dan bahasa Latin. Ia pun tumbuh sebagai seorang yang cerdas. Guru-gurunya sering dibuat pusing dengan pertanyaan-pertanyaan yang ia ajukan.

Di Florence pulalah, sekitar 1466, Leonardo mengenal Andrea Verrocchio, pelukis dan pemahat ternama kala itu. Bersama Verrocchio, Leonardo memperoleh sejumlah keterampilan yang kemudian menjadi bekal berharganya, seperti melukis, mematung, melebur emas (goldsmithing), dan pencetakan perunggu.

Saat berusia 30 tahun ia bekerja pada seorang kepala daerah Milan bernama Sforza selama 17 tahun sebagai pelukis, insinyur, dan penasihat militer. Lalu, ia bekerja pada Raja Prancis Louis XII pada usia 54 tahun dan melukis Mona Lisa. Lukisan Monalisa tersebut begitu terkenal hingga saat ini karena mengandung misteri. Siapa wanita dalam lukisan itu hingga kini masih menjadi misteri. Leonardo meninggal pada tahun 1519. Lukisan hasil karyanya yang juga terkenal adalah Makan Malam Terakhir.
Selain lukisan tersebut, Leonardo juga telah menghasilkan banyak desain dari hasil pemikirannya. Desain tersebut bermacam-macam, antara lain: rancangan sepatu air, pelampung, kincir air, gambar-gambar rantai, mesin pintal, mesin giling gandum, mesin cetak, kapal selam, senapan mesin, bom, parasut, tank, mobil, helikopter, dan pesawat terbang. Padahal, pada saat itu teknologi belum begitu berkembang. Hasil pemikiran Leonardo memang terlalu jauh mendahului zaman

Ia adalah manusia serba bisa. Ia menguasai bidang anatomi, botani, zoologi, kartografi, aeronautika, mekanika, geologi, astronomi, optika, matematika, suara, senjata, hidrolika, tata kota, dan jembatan. Ia juga seorang tokoh Renaissance, penyair, musikus, arsitek, pemahat, pengarang, insinyur, filsuf, dan ilmuwan. Catatan yang dihasilkannya sangat ilmiah dan berjumlah 7000 halaman. Selain itu, ia juga merupakan orang pertama di dunia yang mampu dengan tepat menggambarkan struktur tubuh manusia, posisi bayi dalam kandungan, dan jantung manusia. Untuk mampu melakukan semua itu ia melakukan pembedahan terhadap 30 buah mayat manusia.

The Da Vinci Code

Pemenuan-penemuan Leonardo tidak dibutuhkan pada masanya, namun ia yakin bahwa suatu saat penemuannya yang sangat revolusioner akan dapat berguna bagi perkembangan teknologi masa depan, ia juga berfikir bahwa penemuannya dapat disalah gunakan, oleh sebab itu ia menulis ilmu pengetahuannya dengan kode-kode rahasia yang sulit untuk diterjemahkan.

di dalam dokumen penelitian mengenai anatomi miliknya ia menulis dengan cara terbalik, jadi perlu cermin untuk membacanya.

sementara di dalam dokumen mengenai persenjataan seperti teori alat selam (snorkel), balista, Helikopter sederhana ia tidak menuliskan konsep aslinya. hal ini untuk menjaga penemuannya tidak jatuh ketangan yang salah.

yang jadi pertanyaana adalah apakah ada suatu kode rahasia dalam senyum lukisan Monalisa? karena hanya lukisan inilah Masterpiece ang sanga dicintai oleh Leonardo Da Vinci.

5 comments:

rizan on 4 February 2010 at 07:01 said...

kalo dengar tentang bapak ini,yang kepikiran pertama adalah lukisa monalisa....

Prabbowo on 5 February 2010 at 16:39 said...

itu memang mrupakan master piecenya bro!!

RifkyMedia™ on 27 March 2010 at 18:58 said...

bicarain nih ilmuwan satu emang g ada habisnya! dia hampir memiliki semua pemikiran tentang segala hal,meskipun bukan penemu namun dia peletak konsep dan berhasil mendobrak pemikiran org2 jaman itu dengan lompatan pikiran masa depan yg dihadirkan dari imajinasi lalu sketsa dan kemudian ilmuwan setelahnya lah yg merealisasikan menjadi hal hal yg kita lihat sekarang

Mizan on 27 March 2010 at 23:40 said...

ga diargukan lagi.. kalau leonardo da vinci memang sudah diakui sedunia.. tp apa menjadi kaum generalis kayak dia itu bisa dilanjutkan ama generasi kita ya? yg sekarang paling cuma bisa stengah2 =)

Prabbowo on 29 March 2010 at 11:49 said...

@Bung Rifki >> tdk habis pikir bagaimana ia bisa memikirkan sesuatu yg org lain belum pikirkan, sayang sekali pd masa itu penemuan2nya belum banyak berguna.

@Bung Mizan >> bahkan ada yg bilang orang seperti beliau hanya muncul sekali dalam beberapa abad.
Ilmuan modern hanya menguasai satu atau beberapa disiplin ilmu.

Post a Comment

 

History Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template