Saturday 3 April 2010

sedikit tentang April Mop



Pada dasarnya banyak versi mengenai asal usul budaya yang satu ini, namun saya hanya mengambil salah satunya.
Sebelumnya saya tidak bermaksud mendeskriditkan suku, agama, ras atau golongan2 tertentu dalam postingan ini.


Peristiwanya itu terjadi di tanggal 1 April tahun 1487 Masehi atau 892 Hijriyah.
Semula kehidupan muslim di Spanyol begitu aman dan tentram, karena mereka benar-benar telah mempraktikkan kehidupan yang islami.

namun pada akhirnya kaum kafir mulai melemahkan iman muslim spanyol, yaitu dengan cara mengirim alkohol dan rokok secara cuma-cuma serta mengirimkan ulama palsu.
hal ini menyebabkan islam Spanyol jadi lemah. sejak Saat itu, satu demi satu wilayah Muslim Spanyol jatuh ke tangan pasukan Salib dan yang terakhir adalah wilayah Granada.


Untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak maka diadakanlah perundingan. Hasil perundingannya, pasukan Muslim menyerahkan Granada kepada pasukan Salib, dan umat Muslim baik yang menjadi tentara maupun penduduk sipilnya diperbolehkan meninggalkan Spanyol melalui pelabuhan Granada dengan aman dan damai serta tidak membawa satu pun senjata.

Akan tetapi, setelah umat Islam berkumpul di pelabuhan untuk naik menuju kapal pengangkutnya, mereka telah dibohongi dan ditipu.Kapal-kapal pengangkut dibakar, dan mereka tentara yang tak bersenjata termasuk juga penduduk sipilnya pun dibunuh
Jadilah hari itu diperingati sebagai hari April Mop dengan cara hari dimana diperbolehkannya untuk menipu dan berbohong kepada orang lain.

Selain versi ini, ada banak versi lainnya seperti dari Mitology Yunani dan Romawi, namun saya rasa versi inilah yang paling sering diperbincangkan.

Begitu banyak Pro dan Kontra Mengenai pelaksanaan tradisi ini di Indonesia, namun menurut saya tradisi ini tidak selayaknya kita tiru, karna seyogyanya kita tidak melakukan yang namanya kebohongan. karena suatu kebohongan dapat menimbulkan kebohongan lainnya.

Lalu bagaimanakah menurut anda mengenai budaya yang satu ini..??

Dari berbagai sumber

1 comments:

Unknown on 4 April 2010 at 06:02 said...

datang lagi budaya setan

Post a Comment

 

History Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template